Tuesday, December 18, 2012

8:34 PM


Yang menarik tentang robot adalah mereka bisa muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran. Tentu saja, dalam dunia robot juga muncul hal unik bahkan menakutkan. Anda tidak pernah tahu apa yang akan menjadi robot hari ini. Ada robot berbentuk manusia, ada robot yang dirancang untuk mengeksplorasi kedalaman ruang. Burung yang Anda lihat sehari-hari, mungkin saja sebuah robot yang tengah memata-matai Anda.

Burung robot, yang diberi nama SmartBird, kini dipertontonkan oleh perusahaan robotika Festo. Festo adalah perusahaan robotika yang tampaknya menikmati membuat robot-robot yang berbentuk seperti binatang. Sebelumnya mereka sudah membuat robot belalai gajah yang cukup sensitif untuk mengambil sesuatu, dan robot penguin yang mampu menghindari satu sama lainnya.

Rancangan SmartBird, seperti dikutip Physorg.com, Selasa (29/3), didasarkan pada kehidupan nyata burung, seekor camar, yang mampu lepas landas, dengan bantuan motor di dalamnya. Kemudian mulai mengepakkan sayap. Setelah mendapatkan kecepatan yang tepat, sayap mulai meniru cara terbang burung yang sesungguhnya. Tepi depan sayap mengepak, dan menghasilkan dorongan, sementara ekor bertindak sebagai kemudi.

Siapa tahu, camar yang dikendalikan dari jauh ini akan menjadi robot mata-mata di masa depan.


0 comments:

Post a Comment