Thursday, November 5, 2009

1:49 PM
Kedua universitas sepakat mengawali kerjasama dua fakultas, yakni FISIP Jurusan Hubungan Internasional dan Department of Asian Studies dengan melakukan pertukaran mahasiswa pada awal tahun 2010.

Kerjasama di bidang pendidikan itu sebagai tindaklanjut dan implementasi hasil Sidang Komisi Bersama (SKB) antara pemerintah Indonesia dan Ceko, yang sebelumnya telah diteken oleh Direktur Jenderal Amerika Eropa Deplu Retno L.P. Marsudi dengan Deputi Menteri Perdagangan dan Perindustrian Ceko Vlastimil Lorenz.

"Di antara hal yang disepakati dalam SKB adalah pengembangan kerjasama bidang pendidikan dengan meningkatkan hubungan antar universitas," tutur Sekretaris I Pensosbudbar KBRI Praha Azis Nurwahyudi kepada detikcom, Kamis petang ini Waktu Eropa Tengah atau Jumat (6/11/2009) WIB.

Nota kesepahaman (MoU) mengenai kerjasama Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta dengan Metropolitan University Prague (MUP), Ceko, itu telah diteken oleh rektor kedua pihak di Yogyakarta, 28/10/2009 lalu.

UPN Veteran Yogyakarta untuk tahap pertama akan mengirim Raka Tantra Pamungkas, mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional yang telah lolos dari serangkaian tes.

Rencananya mahasiswa berprestasi dengan IPK 3,94 tersebut akan diberangkatkan ke MUP pada awal Februari 2010. Sedangkan MUP akan mengirim mahasiswanya untuk belajar di Jurusan HI FISIP UPN Veteran Yogyakarta pada medio Agustus-Desember 2010.

Terobosan dan Reputasi

Dosen Jurusan Hubungan Internasional UPN Veteran Ludiro Madu, M.Si, yang merintis kerjasama tersebut mengatakan bahwa hubungan dengan universitas di Eropa merupakan terobosan penting bagi UPN, karena Universitas di Eropa memberikan peluang pengembangan jaringan luas dan tentu saja kesempatan pengembangan ilmu pengetahuan.

Selain itu tukar-menukar informasi akan membuka wawasan tidak saja bagi staf pengajar tetapi juga mahasiswa di kedua universitas.

MUP dipilih sebagai universitas mitra di Eropa, karena selain reputasinya bagus di Ceko, juga karena Departemen Asia di universitas tersebut mengajarkan studi Indonesia.

MUP sendiri merupakan universitas swasta di Praha yang mempunyai kerjasama dengan universitas di Amerika Serikat, Taiwan, Korea, dan Rusia serta 41 universitas lain di Eropa.

Kerjasama dengan UPN Veteran Yogyakarta ini adalah yang pertama di kawasan Asia Tenggara. Studi Indonesia sendiri di MUP semakin berkembang sejak dipegang oleh Dr. Tomas Petru, mantan penerima Beasiswa Darmasiswa ke Indonesia.

Muhibah

Selain pertukaran mahasiswa, kedua jurusan juga sepakat untuk melakukan pertukaran dosen, pertukaran informasi akademis, mengadakan seminar dan riset bersama.

Untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, Rektor UPN Veteran Yogyakarta Dr. Didit Welly Udjianto bersama Dekan FISIP, sejumlah dosen dan mahasiswa akan mengadakan Muhibah Akademis dan Seni ke Ceko, Mei 2010. Mereka sekaligus akan serahterima secara resmi MoU, serta mengadakan seminar bersama antara kedua universitas dan KBRI Praha.

Pada kesempatan muhibah, UPN Veteran Yogyakarta akan membawa rombongan kesenian, yang akan menampilkan tarian tradisional dari daerah Riau, Kalimantan dan Papua di Praha, juga untuk membuka Pameran Produk dan Budaya Indonesia 2010 di kota Frenstat pod Radhostem.

Di samping kunjungan ke MUP, rombongan UPN Veteran Yogyakarta juga direncanakan akan mengadakan pertemuan dengan Rektor Masaryk University di Brno dan mengadakan pertemuan keakraban antar mahasiswa di universitas tersebut.

Kerjasama di bidang pendidikan terus digalakkan KBRI Praha dengan melibatkan berbagai sekolah dan universitas dari Indonesia. "Program ini melengkapi berbagai program kerja yang selama ini telah dilakukan untuk lebih mendekatkan kedua bangsa melalui olahraga, seni budaya, juga ekonomi dan politik," demikian Azis.

0 comments:

Post a Comment