Tuesday, October 30, 2012

11:38 AM

INDONESIA merupakan sebuah negara yang aneh. Walaupun sumberdaya alamnya habis dikuras oleh negara asing, negara nusantara ini masih tetap bisa tumbuh ekonominya menjadi the Next Eleven sebagai mana diprediksi Goldman Sachs Investment Bank.

Sebagai negara yang plural, Indonesia merupakan target rekayasa sosial dunia dan perusakan ekonomi (economic hitman) dan pasarnya dieksploitasi Jepang, China dan Korea Selatan.

Tapi tetap saja Indonesia dapat bangkit. Goldman Sach memasukan Indonesia menjadi the Next Elesven atau (N-11) bersama Bangladesh, Mesir, Iran, Mexico, Nigeria, Pakistan, Filipina, Turkey, Korea Selatan dan Vietnam.

Negara-negara ini bersama negara-negara BRIC (Brazil, Rusia, India dan China) menjadi tonggak pertumbuhan ekonomi dunia menjadi ekonomi-ekonomi terbesar di dunia (the world largst economies in the 21st century).

Pada akhir tahun 2011, empat negara besar di dalamnya seperti Mexico, Indonesia, Korea Selatan dan Turki juga dikenal sebagai MIKT, menguasai 73 persen produk domestik bruto N-11. Bila PDB BRIC mencapai US$13,5 triliun, maka PDB MIKT mencapai 30 persen dari jumlah itu atau mencapai US$3,9 triliun.

0 comments:

Post a Comment